Jumat, 11 Januari 2013

Statistik Perusahaan



Statistik adalah metode-metode dan teknik-teknik yang digunakan untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, mempresentasikan, menganalisa dan menginterpretasikan data secara kuantitatif dan kualitatif.
 
Lingkup statistik secara makro, meliputi hal-hal sebagai berikut : statistic, penduduk, tenaga kerja, industry, transportasi, konsumen, perdagangan, luar negeri, keuangan, dan produktivitas.

Statistik penduduk bagi perusahaan dapat member informasi penyebaran penduduk secara geografi meliputi jumlah, pola perumahan, agama dan tempat kerja dan lain sebagainya.

Statistik tenaga kerja menggambarkan jumlah, klasifikasi keahlian, umur, keanggotaan pada serikat kerja dan lain sebagainya.

Statistik transportasi memberi gambaran mengenai infrastruktur perekonomian, meliputi data penerbangan, jenis banyaknya alat perhubungan dan banyaknya barang yang diangkut dari dan keluar negeri.

Statistik konsumen member gambaran berbagai aspek konsumen : jabatan, pendapatan, perumahan, dan pemilikan alat-alat kendaraan.

Statistik perdagangan luar negeri memberi penjelasan jumlah, jenis barang dan jasa yang dikirim ke luar negeri atau dimasukkan ke dalam negeri termasuk jumlah uangnya.

Statistik keuangan memberi informasi tentang jumlah bank, uang, banyaknya deposito dan cadangan devisa Negara.

Statistik produktivitas member informasi tentang produktivitas nasional industry dan berbagai jenis perusahaan termasuk produktivitas tenaga kerja.

Pelajaran statistik dibedakan atas statistik deskriptif dan statistik induktif.

Statistik deskriptif berhubungan dengan pengumpulan, peringkasan, presentasi dan pembuatan karakteristik data dan pembuatan karakteristik data.

Statistik induktif berkaitan dengan generalisasi dan kesimpulan mengenai suatu grup data.

Tidak ada komentar: